.::. Manuskrip Aripin .::.

blog berisikan catatan kecil. yang sering dipelajari/digunakan sehari-hari. blog ini juga berisikan tentang tutorial. baik itu yang berhubungan dengan komputer, pembelajaran, pendidikan,dll.

Selamat Datang

Selamat datang di my Personal WebBlog .
Artiket-artikel yang ada di dalam blog ini berisi tutorial pribadi, boleh di Copy Paste, dengan catatan tetap melampirkan sumbernya.

Terimakasih Atas Kunjungannya.

.::.Hari ini adalah Masa Depan-Mu.::.Bukan Tentang Siapa Yang Terbaik, Tetapi Siapa yang Bisa Berbuat Baik .::.

Apa itu pdf?

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format

Kelebihan pdf diantaranya, document yang kita miliki tidak berantakan aliuas tidak acak-acakan, atau menghindari kelalaian ketika membuka atau membaca dokumen tersebut (misalnya ketika sedang membaca dokumen tersebut, tanpa sengaja kita tekan delete, backspace,dll) sehingga dokumen menjadi berubah dan kita harus melakukan undo berulang-ulang

Untuk itu kita perlu software yang bisa men-convert dari microsoft word atau doc ke pdf, supaya file kita aman dari kelalaian atau tangan-tangan jahil.

Selain adobe acrobat (sekarang adobe reader) banyak software-software yang berfungsi untuk membuat file pdf. Ada yang free ada yang berbayar, atau ada juga yang tinggal COVAS alias Copy Vaste, Ada software yang harus di download lalu di install-kan terlebih dahulu ke komputer kita (diantaranya: Universal Document Converter software yang dapat di download secara gratis di http://www.doc-pdf.com/ berukuran 15.9 MB, atau ada juga Convert DOC to PDF For Word yang bisa di download di : http://download.cnet.com/Convert-DOC-to-PDF-For-Word/3000-6675_4-10261783.html berukuran 3.14 MB) dan ada pula yang tidak perlu di instal-kan seperti web atau situs online yang khusus untuk convert atau merubah doc ke pdf, diantaranya: http://www.doc2pdf.net/, dan banyak lagi situs-situs yang memberikan jasa untuk convert

Nah pada postingan kali ini saya akan coba sedikit jelaskan tutorial cara convert dari doc ke pdf secara online

Pertama anda buka browser internet (Internet Explorer, Mozila firefox, opera, netscape, dll) lalu ketikkan alamat ini http://www.doc2pdf.net/

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Disini saya contohkan akan merubah file “perintah dasar linux” yang disimpan di my document.

Klik textbox “Pilih berkas - tidak ada file yang dipilih” seperti yang diberi lingkaran merah di atas. Lalu pilih lokasi penyimpanan file yang akan kita rubah.

Kemudian klik open, lalu anda akan dibawa kembali ke jendela http://www.doc2pdf.net/

Langkah berikutnya klik tombol “convert document” yang diberi lingkaran biru. lalu tunggu beberapa saat, sampai proses convert selesai.

Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini



Jika anda ingin menyimpannya klik tombol save, lalu simpan di lokasi yang anda inginkan. (nama file boleh berbeda)

Situs ini, selain bisa convert dari file microsoft word, bisa juga convert dari microsoft office lainnya seperti word, excel, powerpoint, dan ms access, Bahkan bisa convert dari office 2007 (untuk powerpoint hanya bisa di convet ke Flash).

Berikutnya saya akan berikan contoh convert dari ms excel.

Caranya hampir sama. Disini saya contohkan akan merubah file “daftar kompetensi” yang disimpan di my document.

Klik textbox “Pilih berkas - tidak ada file yang dipilih” seperti yang diberi lingkaran merah di atas. Lalu pilih lokasi penyimpanan file yang akan kita rubah.

Kemudian klik open, lalu anda akan dibawa kembali ke jendela http://www.doc2pdf.net/


Langkah berikutnya klik tombol “convert document” yang diberi lingkaran biru. lalu tunggu beberapa saat, sampai proses convert selesai.

Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini


Setelah itu tinggal “save” deh Gampang kan?

Semoga bermanfaat!!!

(mohon maaf jika gambarnya tidak muncul. maklum ...... )

dan untuk itu saya berikan edisi pdf-nya. dan untuk download gratis materinya dapat di klik disini gratis

0 comments:

Contact Me :

Mapir juga ke web lainnya

Web Sekolah
Ekawijaya
MTS Darul Falah
http://smkyapsa.blogspot.com/
SMK Galileo
SMK Ash Shoheh
SMK Ksatria Bangsa
http://smknetworking.blogspot.com/

Web Bisnis
http://mc-support.co.cc
http://rahman-online.blogspot.com/